Masuklah Islam secara Kaffah
Kembalilah ke yang Murni Syariah

Cara Cerdas Menghadapi Penolakan

Banyak cara dan alasan yang dilakukan oleh calon peserta untuk menyampaikan keberatan atau penolakan terhadap produk asuransi. Umumnya calon peserta mengungkapkan keengganannya menggunakan 9 kalimat atau keberatan .
Tahukan anda, bahwa sebenarnya dibalik pernyataan peserta, ada sesuatu keinginan yang tidak/belum mereka pahami.


Kalimat penolakan tersebut adalah :
1. Saya tidak punya uang untuk beli asuransi
2. Saya masih punya cicilan kredit rumah
3. Saya tidak butuh asuransi
4. Saya diskusikan dulu dengan istri saya
5. Saya ingin membandingkan dengan asuransi perusahaan lain
6. Biarlah Tuhan yang menyediakan segalanya
7. Anda terlalu memaksa, saya tidak mau membeli dari anda
8. Teman saya juga agen lho, aku akan ambil dari dia
9. Asuransi bertentangan dengan agama saya.

1. Saya tidak punya uang untuk beli asuransi
Orang yang tidak mampu membeli asuransi sebenarnya justru orang yang lebih membutuhkan asuransi dibandingkan dengan orang yang mampu membelinya.
Jika anda “tidak” dapat membayar semua tagihan saat anda sehat dan dapat bekerja, bagaimana mungkin anda akan dapat membayarnya saat anda sakit dan tidak memiliki penghasilan? Asuransi adalah rekening AJAIB yang akan dapat mengurus pembayaran semua tagihan2 lainnya jika anda menderita sakit kritis, cacat tetap, atau meninggal dunia.
Asuransi harus menjadi prioritas pertama, setelah kebutuhan pokok terpenuhi, untuk dibayarkan didalam rencana pengeluaran bulanan anda. di Takaful tersedia berbagai jenis asuransi syariah yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.
Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya. (QS. Al-A’raf : 34).

2. Saya masih punya cicilan kredit rumah
Ketika anda memiliki kredit rumah, anda harus terus menerus membayar sejumlah besar uangbselama 10 atau 15 tahun kedepan. Anda memang dapat memenuhi kewajiban tersebut, tapi apakah keluarga anda dapat membayarnya? Jika anda meninggal dunia atau mengalami cacat tetap sebelum cicilan kredit tersebut selesai? Marilah pastikan keluarga anda akan tetap tinggal dirumah yang indah, rumah yang telah anda berikan bagi mereka untuk selamanya.
Asuransi jiwa term life ada 3 jenis di takful :
- Takaful alkhairat = asuransi jiwa murni tanpa ada unsur tabungan
- Takaful falah = asurasni jiwa + rider kesehatan + nilai tunai, diinvestasikan disektor tetap
- Takafulink salam = investasi dengan riders asuransi jiwa, kesehatan, 49 jenis penyakit kritis, kecelakaan, cacat tetap, diinvestasikan di sektor link/saham

3. Saya tidak butuh asuransi
Saya sangat setuju anda tidak membutuhkannya. Apakah menurut anda seorang yang menjadi cacat tetap karena suatu kejadian membutuhkan asuransi? Apakah orang yang baru saja terkena serangan jantung & harus mengeluarkan uang 150 juta untuk biaya operasi membutuhkannya? Apakah orang yang meninggal dunia membutuhkannya?
Ya! Mereka membutuhkannya tetapi tidak dapat membelinya pada saat itu.
Asuransi harus dibeli justru pada saat anda tidak membutuhkannya. Karena pada saat anda membutuhkannya, mungkin anda sudah tidak dapat membeli lagi.
Dengan membeli produk Takafulink salam, anda dapat discover dari 49 penyakit kritis.
Attaghabun/ 64 : 11
مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلاَّ بِإِذْنِ اللَّه

"Tidak ada sesuatu musibahpun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah."

Jadi pada dasarnya Islam mengakui bahwa kecelakaan, musibah dan kematian merupakan qodho dan qodar Allah yang tidak dapat ditolak.

4. Saya diskusikan dulu dengan istri saya
Asuransi adalah hadiah yang terbaik yang anda belikan untuk istri anda. Anda tidak perlu berdiskusi dengannya. Anda dapat langsung membelinya. Setelah anda menerima polisnya barulah anda bawa polis tersebut dan katakana padanya: “kekasihku, sepanjang masa hidupku aku akan menjaga dan mencukupi segala kebutuhan keluarga, makanan, pakaian, tempat tinggal, dan pendidikan anak. Tetapi jika suatu hari nanti saya meninggal dunia, maka polis inilah akan menjagamu serta mencukupi setiap kebutuhan sama sepertinyang sekarang saya sediakan. Sebesar inilah cintaku padamu dan pada keluarga” itulah bukti sesungguhnya cinta anda. Istri anda akan semakin mencintai anda.
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar. (QS. An-Nisa’ : 9).

5. Saya ingin membandingkan dengan asuransi perusahaan lain

Ini adalah gagasan yang baik, tahukah anda ada berapa puluh perusahaan asuransi jiwa di Indonesia dan carilah yang terbaik.
Ada satu kelemahannya. Bagaimana jika terjadi sesuatu pada diri anda selama masa anda membanding2kan semua perusahaan ini? Bukankah sebaiknya anda sudah dilindungi terlebih dahulu?
Jadi sementara anda membandingkan, anda dapat menikmati perlindungan Cuma2 dengan fasilitas “free look” sehingga 2 minggu setelah menerima polis, anda dapat membuat perbandingan dengan tenang. Yakinlah Takaful asuransi pertama dan terbaik syariah.

6. Biarlah Tuhan yang menyediakan segalanya
Ya, anda benar, saya sependapat dengan anda. Segala sesuatu Tuhan yang telah mengatur, itu sebabnya saya ada disini dan datang untuk menolong anda.
Tuhan yang memelihara manusia dan menyediakan segala kebutuhannya…. Tuhan juga telah melengkapi dengan kepandaian & kebijaksanaan untuk memenuhi kebutuhan2 ummat-Nya. Tetapi apakah anda hanya tinggal diam di kamar tidur sepanjangan hari? Tentu tidak kan?
Pentingnya planning atau perencanaan yang matang dalam mempersiapkan hari depan. Nabi Yusuf AS, dicontohkan dalam Al-QurÂ’an membuat sistem proteksi menghadapi kemungkinan yang buruk di masa depan (QS. Yusuf/ 12 : 43– 49)

7. Anda terlalu memaksa, saya tidak mau membeli dari anda

Jika anda tidak ingin membelinya dari saya, tidak masalah. Jika saya terlalu mendesak anda, saya mohon maaf.
Saya mohon maaf sekali lagi kalau saya telah berbuat kesalahan, kadangkala saya tanpa sadar terlalu memaksa calon nasabah. Namun saya benar2 tulus, jujur dan demi kebaikan anda sendiri. Sebagaimana saya memaksa anak saya minum obat ketika ia sakit,
Sebagaimana dokter memaksa pasiennya untuk menjalani operasi. Mereka percaya dan yakin pada apa yang mereka lakukan, demikian juga saya percaya & yakin pada apa yang saya lakukan. Saya percaya dengan tulus bahwa semua orang memerlukan asuransi.

8. Teman saya juga agen lho, aku akan ambil dari dia
Jikalau anda memiliki teman baik yang juga menjadi agen asuransi jiwa, seharusnya saat ini anda telah memiliki polis asuransi. Ketika ternyata anda belum memiliki polis asuransi, maka orang tersebut bukanlah sahabat sejati anda, tetapi sayalah teman anda.
Yang namanya teman sejati adalah orang yang bisa mbantu anda pada saat dalam kesusahan. Kalo anda masuk rumah sakit, biasanya teman akan bawa buah2an, sedangkan agen asuransi bawa “duit”. Saya ingin menjadi teman yang memaksa anda untuk menanda-tangani surat pengajuan polis saat ini yang akan memberikan jaminan keamanan bagi keluarga anda.

9. Asuransi bertentangan dengan agama saya.

Apakah Tuhan akan menghukum anda karena anda telah menyediakan makanan untuk keluarga anda jika anda telah meninggal dunia atau cacat tetap? Tidak ada agama yang menyatakan bahwa membeli asuransi jiwa itu bertentangan dengan agama.
Menurut agama islam, dosa hukumnya jika anda tidak menyediakan kebutuhan anda walaupun anda sedang tidak berada disekitar mereka.

Ada seorang sahabat yang mengatakan bahwa asuransi bertentangan dengan agamanya dan ia tidak ingin membeli polis apapun, ia menjalankan sebuah rumah makan, setiapkali saya melakukan perjalanan keluar kota, saya mampir kerumah makan tersebut untuk minum the dan makan, sambil beristirahat.
Suatu hari ketika saya mampir kesana, saya melihatnya berjalan pincang saat malayani saya, ternyata baru 3 bulan sebelumnya ia menjalani operasi by pass jantung, ia terpaksa harus meminjam uang sebesar 150jt untuk operasi tersebut dan sekarang dia dan keluarganya harus bekerja ekstra keras untuk membayar pinjamannya. Ia berkata bahwa ia menyadari keputusannya untuk tidak mengikuti program asuransi yang pernah saya tawarkan, apalagi kalau dia meninggal saat operasi, bagaimana cara keluarganya harus melunasi hutang2 nya. Orang inilah yang pernah mengatakan bahwa ia tidak tertarik untuk membeli asuransi karena bertentangan dengan agamanya.
Ia berkata “saya telah menerima informasi yang salah, sekarang saya merasa bahwa justru dengan saya tidak menerima asuransi jiwa, itulah bertentangan dengan agama saya, karena saya telah membuat istri saya terpaksa harus mengemis pada keluarganya untuk membiayai operasi saya, saya telah membuat dia susah”.

Jadi apapun alas an anda, memiliki sebuah Polis Asuransi adalah pilihan cerdas.
Memang benar dan saya yakin anda telah mengatakan hal sebenarnya, anda sering dikejar oleh agen2 asuransi, tapi disaat yang sama apakah anda sadar bahwa kematian juga sedang mengejar anda?
Begitu kematian mendapatkan anda, tidak aka nada lagi agen asuransi yang mengejar anda. kan lebih baik saya (agen asuransi) yang mendapatkan anda terlebih dahulu sebelum kematian yang mendapatkan anda.

Sesungguhnya, kita diminta untuk membuat perencanaan hari depan.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Al Hasyr/59:18)


Disadur dari “Marketer News” Asuransi Takaful Keluarga
Oleh Rusni ph 0857 823 40499 / 021 986 15909 / 0813 1525 6839
Takaful, merancang masa depan gemilang,
Saling menopang bila musibah datang.